Guna meningkatkan The Quality Of Life Masyarakat Nagari Bayua, Tim Dosen Akuntansi melaksanakan PKM Pelatihan Literasi Keuangan dan The Renewal Of Packaging Produk Rinuak Kering Danau Maninjau

Tim dosen akuntansi Universitas Negeri Padang telah melaksanakan kegiatan PKM di Nagari Bayua, Maninjau pada tanggal 17-18 Juli 2022. Berdasarkan diskusi dengan Wali Nagari Bayua Bapak Hadi Fajri, masyarakat Nagari Bayua memiliki permasalahan yaitu rendahnya tingkat pendapatan penduduk. Mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani, peternak ikan, nelayan, dan pedagang. Oleh karena itu, Nagari memerlukan pelatihan yang intensif dan membuka wawasan penduduk akan peluang-peluang baru yang dapat dimanfaatkan dari sumberdaya yang ada. Pengetahuan pelaku UMKM tentang pentingnya pengemasan yang baik dan menarik untuk olahan dendeng rinuak dan rinuak kering serta bagaimana literasi dan pengelolaan keuangan yang baik dalam praktik usaha masih rendah, lanjutnya.

Berdasarkan diskusi tersebut, tim PKM melaksanakan kegiatan ini guna meningkatkan kemampuan wirausaha pelaku UMKM melalui pelatihan literasi keuangan dan memperbaharui packanging produk dendeng rinuak dan rinuak kering di Danau Maninjau. Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini pelaku UMKM dapat menyusun laporan keuangan sederhana usaha yang dimilikinya, menghasilkan pengemasan olahan dendeng rinuak dan rinuak kering yang menarik sehingga meningkatkan daya jual konsumen. Kegiatan ini dibuka oleh Wali Nagari Bayua, Bapak Hadi Fajri. Dalam kata sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih karena telah memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM Nagari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *