PKM 2022 – Peningkatan Income Generating Pelaku UMKM Melalui Pelatihan Hasil Pengembangan Produk Pengolahan Hasil Perikanan Berdaya Jual Tinggi di Carocok Kabupaten Pesisir Selatan

Dosen Departemen Akuntansi dan Dosen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (UNP) dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Padang menyelenggarakan Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bekerja sama dengan UMKM dikabupaten Pesisir Selatan – Sumatera Barat dengan tema   “Peningkatan Income Generating Pelaku UMKM Melalui Pelatihan Hasil Pengembangan Produk Pengolahan Hasil Perikanan Berdaya Jual Tinggi di Carocok Kabupaten Pesisir Selatan”

Pelatihan ini nantinya akan membantu sektor UMKM yang ada di pesisir selatan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi pelaku UMKM dalam mengembangjajn produk pengolahan hasil perikanan sehingga bisa meningkatkan nilai jual.

Pengabdian ini dilaksanakan di bulan Juli – Agustus dan diikuti oleh 15 kelompok pelaku usaha pengolahan produk perikanan yang terdaftar di Dinas UMKM Pesisir Selatan. Kegiatan PKM ini mendapatkan sambutan hangat bagi pelaku usaha, terbukti dengan antusias komitment pelaku usaha dalam mengikuti pelatihan sampai selesai.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diangkat bedasarkan kondisi lapangan. Ketua UMKM Pesisir Selatan Okvina Juwita mengundang secara langsung tim pengabdian untuk menghadiri kegiatan Temu Pelaku UMKM di Pesisir Selatan pada Bulan Februari 2022. Vina menjelaskan permasalahan utama yang dialami pelaku UMKM dalam pengolahan Hasil Perikanan Pessel yang masih kalah saing dengan produk pengolahan Perikanan di daerah lain. Kegiatan PKM diketuai oleh Vidyarini Dwita SE.,MM., PhD dengan anggota  Whyosi Septrizola SE.,MM  dan Hasmira SH.,M.Si. Pada kegiatan PKM ini, panitia mengundang  Arief Maulana SE.,MM , Dian Fitria Handayani SE.,M.Sc,  Jefriyanto SE.,M.Ak dan  Dra Wirnelis Syarif, M.Pd sebagai pemateri dalam kegiatan pengabdian. Ketua UMKM Pesisir Selatam sangat berharap untuk diadakannya kembali kegiatan pelatihan pelatihan dengan tema yang berbeda di tahun depan khususnya untuk pelaku UMKM Pesisir Selatan agar pelaku UMKM dapat bersaing dengan Produk unggulan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *